4 Jenis Social Media Influencer yang Pelu Diketahui
Others

4 Jenis Social Media Influencer yang Pelu Diketahui

Perkembangan sosial media yang semakin besar membuat orang lebih mudah untuk berekspresi, berpendapat dan berkreasi. Tidak heran jika kemudian banyak influencer yang bermunculan. Social media influencer ini adalah orang yang memberikan pengaruh untuk orang lain di bidang tertentu, misalnya fashion.

Namun ternyata, tidak semua influencer harus memiliki followers yang mencapai jutaan rupiah lho. Ada 4 jenis influencer yang perlu Anda tahu. Khususnya untuk Anda yang menggunakan jasa influencer untuk bisnis misalnya branding awareness ataupun untuk mendapatkan leads generations.

Nano Influencer

Influencer ini memiliki followers sekitar 500-1000 orang saja. Kenapa bisa? Karena, walaupun jumlah followersnya sedikit namun juga memiliki engagement yang baik maka pengaruhnya akan besar. Faktor saling kenal inilah yang bisa membuat penjualan meningkat.

4 Jenis Social Media Influencer yang Pelu Diketahui
4 Jenis Social Media Influencer yang Pelu Diketahui

Jika dibandingkan, Anda tentu akan memilih produk dari rekomendasi orang yang Anda kenal bukan daripada orang yang tidak dikenal bahkan artis sekalipun? Karena hal tersebut, dengan engagement yang bisa mencapai lebih dari 50% dari jumlah followers membuat nano influencer ini bisa Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda.

Micro Influencer

Influencer ini memiliki followers 1000-10 ribu orang dengan engagement sekitar 25-50%. Influencer ini biasanya memiliki perhatian khusus tentang bidang tertentu. Misalnya teknologi, fashion, fotografi, makanan.

Walaupun tingkat engagement lebih rendah dari nano influencer, namun jika micro influencer secara konsisten seperti posting dan mendapatkan kredibilitas maka bisa memiliki fans loyal. Alhasil jika Anda bekerja sama dengan micro influencer, Anda bisa ‘mendapatkan’ fansnya juga untuk menggunakan produk Anda.

Macro Influencer

Influencer yang termasuk kategori makro influencer memiliki followers sekitar 10-100 ribu orang. Engagement yang dimiliki oleh makro influencer adalah kurang dari 25%. Namun, mengingat follower yang banyak, maka konten yang dihasilkan juga berkualitas sehingga citra dan kesan professional lebih terlihat.

Bahkan orang yang termasuk sebagai makro influencer memiliki tim sendiri untuk mengelola media sosialnya. Jadi, jika ada konten jenis media sosial menurut para ahli, bisa jadi, konten tersebut dibuat oleh timnya.

Mega Influencer

Social media influencer di golongan ini adalah mereka yang memiliki followers lebih dari 100 ribu orang. Biasanya yang termasuk di mega influencer adalah artis atau public figure. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa orang yang benar-benar pure influencer yang memiliki akun dengan 100 ribu followers.

Jika dibandingkan, engagement mega influencer hanya sekitar 10% saja bahkan bisa kurang. Banyaknya followers membuat tingkat engagement rendah karena sulit untuk berinteraksi satu per satu dengan followers. Banyaknya followers tersebut membuat mega influencer cocok untuk brand awareness untuk pangsa pasar yang lebih luas.

Karena hal tersebut, jika Anda hendak bekerja sama dengan social media influencer, tentukan dulu tujuannya dan riset seperti bagaimana engagement yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan strategi marketing untuk bisnis Anda.