meningkatkan keamanan website
Others

6 Cara Meningkatkan Keamanan Website agar Tidak Diretas

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, semakin banyak orang yang memiliki website. Baik website pribadi, untuk bisnis, komunitas ataupun untuk keperluan yang lainnya.

Namun, perkembangan teknologi tersebut juga sebanding dengan meningkatnya resiko peretasan. Karena hal tersebut, agar website Anda tidak diretas, terutama online shop, maka keamanan website harus ditingkatkan.

Untuk tahu caranya, simak informasi tersebut di halaman ini.

  •   Hosting yang Aman

Keamanan harus dilakukan dari dasar terlebih dahulu. Keamanan hosting akan membantu Anda mendapatkan pengamanan yang lebih ekstra. Sebisa mungkin pilih jenis hosting yang memberikan Anda fitur keamanan yang baik. Misalnya imunify360 yang bisa mendeteksi malware. Dengan begitu, website Anda akan lebih aman.

  •   Password Kuat

Jika Anda ingin cara mudah untuk melindungi website ANda adalah dengan menggunakan password yang kuat. Hindari menggunakan password yang mudah tertebak. Misalnya 1234567.

Agar susah untuk diretas, kombinasikan antara angka, huruf kapital dan kecil serta tanda baca. Sedangkan jika Anda mudah lupa, jangan lupa untuk menuliskannya ke catatan Anda. hindari memberitahu catatan tersebut ke orang lain untuk meminimalisir peretasan oleh orang yang kurang bertanggung jawab.

pengamanan website
pengamanan website
  •   Install Plugin Keamanan

Anda perlu penggunaan plugin keamanan untuk Anda install di website Anda. Beberapa diantaranya adalah:

  1. iThemes Security: plugin ini memiliki 2 versi yaitu berbayar dan gratis. Keunggulannya adalah bisa mendeteksi software using, plugin berbahaya dan juga password yang lemah.
  2. Wordfence Security: plugin ini menawarkan keunggulan seperti real time monitoring, scan, firewall, scan plugin.
  •   SSL

Secure sockets layer atau yang lebih dikenal dengan SSL adalah protokol keamanan untuk membuat tautan yang berbentuk enkripsi antara web browser dan server web yang mempergunakan komunikasi online. SSL ini menjaga keamanan website dengan lebih baik.

Jadi, jika Anda memiliki e-commerce atau marketplace dan online shop, Anda wajib menggunakan SSL. Dengan begitu, data penting seperti transaksi kartu kredit, transfer data, informasi pribadi akan terjaga keamanannya.

  •   Update Website

Jangan abaikan ketika ada pemberitahuan di website Anda. Baik pemberitahuan mengenai versi terbaru dari WordPress, tema ataupun plugin yang dipergunakan. Ini disebabkan karena versi baru tersebut biasanya tidak hanya menawarkan fitur baru namun juga peningkatan keamanan.

  •   Backup Website secara Berkala

ANda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada website Anda. Karena hal tersebut, Anda sebaiknya membackup website Anda secara berkala. Apalagi jika website tersebut memiliki informasi yang penting. Jika pun bisa, sebaiknya Anda mem-backup di server yang berbeda. Dengan begitu, website akan lebih aman dan susah untuk dilacak.

Itulah 6 cara aman untuk meningkatkan keamanan website agar tidak diretas oleh hacker. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda agar website yang Anda miliki menjadi lebih aman.