Pengertian dan Keuntungan Outbound Link Adalah
Others

Pengertian dan Keuntungan Outbound Link Adalah

Dalam memaksimalkan SEO pada suatu website, Anda tidak hanya butuh inbound link atau backlink namun juga outbound link. Sederhananya, outbound link adalah kebalikan dari backlink atau inbound link. Namun, untuk informasi yang lebih lengkap, simak informasi berikut ini.

Pengertian dari Outbound Link

Outbound Link adalah eksternal link. Link ini berasal dari website Anda ke website lain. Tujuannya adalah untuk mengarahkan visitor yang Anda miliki ke halaman lain yang menjadi rujukan. Misalnya yang berkaitan dengan apa yang sedang Anda tulis.

Sama halnya seperti backlink dari jasa backlink PBN, outbound link juga terdiri dari 2 jenis yaitu nofollow dan dofollow. Link dofollow menandakan bahwa Anda sebagai pemilik situs percaya pada tautan link Anda atau ke halaman rujukan. Sedangkan nofollow link menandakan bahwa rujukan tersebut tidak se spesial link yang Anda tautkan lewat dofollow.

Keuntungan Menggunakan Outbound Link

Pengertian dan Keuntungan Outbound Link Adalah
Pengertian dan Keuntungan Outbound Link Adalah

Outbound link cukup menguntungkan jika Anda menggunakan dengan tepat. Dari sudut pandang SEO, adanya outbound link ini membantu mesin pencari mengindeks tautan Anda. DI sisi lain, adanya tautan ini membuat mesin pencari percaya bahwa Anda tidak sekedar memberikan link karena Anda menggunakan link yang relevan,

Di satu sisi, jika dilihat dari pemilik blogger, adanya outbound link tentu akan mempererat hubungan antar blogger. Bahkan tidak menutup kemungkinan blogger tersebut menyediakan tempat untuk backlink Anda. Namun, hindari memberikan outbound link di halaman tempat Anda menanamkan backlink.

Jadi, misalnya Anda memberikan outbound link di website A di artikel 1, maka Anda sebaiknya menggunakan artikel 2 untuk menanam backlink. Dengan begitu, backlink Anda akan lebih aman.

Setelah itu, akan lebih baik jika Anda mengirimi pesan ke pemilik website bahwa website orang tersebut Anda jadikan rujukan. Ini akan sangat membantu Anda dalam membangun komunikasi antar blogger bahkan untuk blogger yang Anda tidak kenal sama sekali.

Perhatian Ini Saat Menggunakan Outbound Link

Selain harus mempertimabngkan menegnaia penempatan backlink, perhatikan juga hal berikut ini agar Anda aman dari Google:

  • jangan Terlalu Banyak

Jangan terlalu banyak meletakkan outbound link terutama dalam 1 halaman. Berikan tautan yang benar-benar relevan dan yang Anda percayai. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan keakuratan data.

  • Relevan

Pastikan jika Anda menggunakan halaman rujukan yang relevan, baik untuk outbound link yang nofollow atau dofollow. Jika Anda lakukan, maka Anda kualitas website Anda akan berkurang. Jadi, cek lebih dahulu tautan Anda apakah berkaitan dengan yang sedang Anda bahas di artikel tersebut atau tidak.

Itulah pengertian dari outbound link. Jadi, outbound link adalah link eksternal atau kebalikan dari backlink yang digunakan untuk menunjukkan suatu rujukan atau penguat tulisan atau pembahasan di artikel Anda.