Bagaimana Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior?
Design

Bagaimana Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior?

Sebelum merombak atau mengubah suatu rumah maka Anda harus menyiapkan dana. Namun, seberapa mahal harga jasa desain interior yang harus dibayarkan? Untuk tahu itu, simak informasi berikut.

  • Perhitungan Per Meter Persegi

Ada jasa desain interior rumah yang menyediakan produk berupa jasa dengan perhitungan ukuran per meter persegi. Harga per meter untuk desain interior berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp1 juta per meternya.

Misalnya, Anda memiliki ruangan yang akan dirombak dengan ukuran 20×20 meter (400 meter persegi). Sedangkan penyedia jasa yang Anda pilih sebesar Rp500.000. Jadi, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp500.000 x 400 = Rp20.000.000

  • Berdasarkan Persentase

Selain menghitung berdasarkan ukuran ruang, ada pula yang mengukur berdasarkan pada persentasenya. Dalam perhitungan ini, besar persentase yang digunakan adalah 2-5% dai total produksi. Namun, ada pula yang menggunakan persentase yang lebih tinggi sekitar 10%.

Misalnya, untuk interior dengan luas 200 meter persegi, total renovasi termasuk furniture menghabiskan biaya Rp30.000.000.

Biaya yang disepakati adalah sekitar 5%. Maka, total biaya jasa desainer adalah 5% x Rp30.000.000 = Rp1.500.000.

  • Berdasarkan Biaya Gambar Desain

Harga jasa desain interior juga ada yang ditentukan berdasarkan dari biaya gambar desain. Harganya yang ditentukan tentu tergantung juga dari kerumitan desain interiornya. Semakin rumit desainnya maka akan semakin mahal jasanya.

Misalnya, ketika Anda meminta untuk didesainkan interior ruangan minimalis dengan ruangan berkonsep artistic. Tentu harga jasa desain interior akan lebih mahal untuk konsep artistic.

Bagaimana Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior?
Bagaimana Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior?
  • Berdasarkan pada Design and Bold

Selain hanya menggambar, ada juga penyedia jasa desain interior yang juga membangun interior sesuai dengan design yang dibuat. Biaya yang harus dibayarkan juga akan lebih besar.

Biasanya, perhitungan biayanya berdasarkan pada biaya desain ditambah dengan biaya membangun interior tersebut.

  • Berdasarkan pada Faktor yang Lainnya

Selain itu, biaya jasa desain interior juga dipengaruhi oleh faktor lainnya. Mulai dari tenaga ahli atau tukang, furniture, dekoratif, elektronik dan yang lainnya. Harga ini sangat bervariasi karena tergantung juga dari pihak penyedia jasanya.

Tips Memilih Jasa Desain Interior

Agar Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau, Anda bisa mencari jasa desain interior yang tepat. Caranya:

  • Lihat portofolionya.
  • Cek pelayanan dan harganya. Apakah sesuai atau tidak.
  • Cek apakah pihak penyedia jasa mudah untuk diajak komunikasi atau tidak.
  • Fleksibilitas dari penyedia jasa. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menyampaikan konsep dan pendapat Anda.

Anda harus ingat bahwa masing-masing penyedia jasa memiliki harga jasa desain interior yang berbeda. Maka dari itu, informasi yang ada di artikel ini adalah estimasi atau rentang harganya. Jadi, pastikan Anda bertanya terlebih dahulu ke penyedia jasa desain interior.